Rabu, 21 Oktober 2015

HALA & HARAM DALAM ISLAM

"Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu juga jelas, namun di antara keduanya ada banyak perkara yang samar (syubhat) yang tidak diketahui oleh banyak orang. Maka, barangsiapa yang menjauhi perkara yang samar (syubhat), ia telah menjaga agama dan kehormatannya. Dan barangsiapa yang jatuh (mengerjakan) pada perkara-perkara syubhat, sungguh dia telah jatuh pada perkara yang haram, seperti penggembala yang menggembalakan ternaknya di sekitaran hima (tanah larangan) yang dikhawatirkan akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki batasan, dan ketahuilah bahwa batasan Allah ialah apa-apa yang diharamkanNya. Dan ketahuilah bahwa setiap tubuh ada segumpal darah yang apabila baik maka baiklah tubuh tersebut dan apabila rusak maka rusaklah tubuh tersebut. Ketahuilah, ia adalah qalbu" (HR Muslim)

Tapal batas halal dan haram sudah seharusnya menjadi pengetahuan yang wajib atas setiap Muslim. Sebab, halal haram berkaitan langsung dengan perintah dan larangan dari Allah swt, yang menjadi indikator utama ketakwaan seorang hamba, apakah amal yang dilakukan akan mendapatkan ridha Allah swt, atau malah berbuah murka. Dapat dibayangkan, seorang Muslim tanpa pengetahuan ini ibarat kendaraan yang melaju pada malam hari tanpa penerangan. Rambu-rambu menjadi tak berguna, dan segala larangan dapat diterjang.
Buku ini menjadi suluh yang membimbing kita mengenali rambu-rambu mana yang tidak boleh dilanggar. Ditulis oleh seorang ulama besar Saudi Arabia, menjadikan buku ini memiliki jaminan otentitas isi. Kandungan halal haram yang dibahas pun demikian kompleks, mulai dari bab akidah, adab hingga fikih dan ibadah. Beberapa hal pokok yang sering kita jumpai dalam keseharian, dikelompokkan dalam bab-bab tersebut, sehingga memudahka kita memahami kandungannya.
Jadi, koleksi buku kita serasa belum lengkap tanpa kehadiran buku ini. Sebab setinggi apapun wawasan yang dimiliki seseorang, akan tetap tak bernilai ketika ia buta akan rambu-rambu mana halal dan mana haram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar